Senin, 25 Juli 2011

Dasar Ilmu Dagang


Banyak manusia di dunia ini mengharapkan keberhasilan dengan cara yang cepat,sehingga segala cara dilakukan tanpa perhitungan yang matang.Banyak pula orang yang baru terjun ke dunia usaha langsung mengharapkan penghasilan yang besar dengan tanpa perjalanan usaha yang baik.Untuk itu kami akan memberikan informasi yang mungkin bisa diterima maupun tidak.(penjelasan ini penggabungan antara ikhtiar dengan hubungan kita dengan sang Maha pencipta)dan dilakuakn dengan ilmu yang sangat mudah dan mendasar dalam ilmu dagang,agar melakukan kesabaran dalam apapun bentuk usaha.

Untuk memulai usaha

-Rencanakan usaha yang akan dilakukan seperti : dagang suatu barang yang sangat di perlukan oleh tetangga sekitar,sehingga permodalan tidak begitu besar tapi membuat perputaran uang per hari dengan rutin .Tindakan pertama yaitu jangan mengambil untung terlalu besar,tapi mulailah dengan banyak berhubungan dengan tetangga sekitar agar barang yang dijual minimal dikenal banyak orang.
-Tempat,tak penting tempat jualan anda di jalan atau di dalam,yang penting strategis menurut orang sekitar,dan lakukan promo di manapun anda berada dengan secarik kertas yang di foto copy,atau dengan mengobrol dengan orang sekitar.
-Lakuakan uji materi tentang jualan yang paling diperlukan dan dibutuhkan orang sekitar,agar barang yang dibutuhkan selalu ada di toko anda.
-Apabila sudah banyak pembeli,jangan terlalu mengikuti emosi pribadi dengan ingin cepat besar,tapi tanpa menghilangkan rasa optimis untuk kemajuan toko anda.
-Melakukan kesabaran yang tak pernah henti dan jangan sekalipun anda berhenti menutup toko bila belum banyak pembeli,karena secara logika,bila pembeli menuju tempat anda dan toko anda tutup,maka pembeli kemungkinan akan ke tempat orang lain,dan akan membandingkan harga dari barang yang dijual,serta yang pasti pembeli sangat kecewa.
-Untuk yang usaha di bidan makanan atau kuliner,selalu jaga kebersihan dan rasa.Karena zaman sekarang selain orang melihat harga yang ditawarkan ,kebanyakan melihat dari segi kebersihan.

Untuk yang sedang berjalan usahanya

-Selalu melakukan senyum,agar pembeli merasa senang dengan kedatangannya
-Ramah dalam memberikan informasi barang yang dijual
-Bila ada yang menawar harga,tentukan batas minimal keuntungan anda,sehingga bila ada penawaran ana tetap merasa untung dari barang yand dijual
-Tidak pernah merasa pembeli menggangu istirahat anda,karena resiko pedagang dan bila ada permasalahan di luar dagangan jangan dibawa kepada urusan dagang
-Usahakan mengenal nama pembeli,sehingga keakraban tercipta antara pembeli dan penjual
-Sabar,bila ada pembeli yang mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan(rewel,banyak tanya dll)
-Jangan membedakan antara suku,ras dan agama.
-Melakukan perintah Tuhan
-Mengerjakan semua perintah ajaran agama( islam,kristen,hindu dan budha)
-Selalu berbakti kepada Orang Tua kandung maupun mertua,minimal dengan bahasa yang baik dan tidak pernah melaporkan kesusahan kepada orang tua.
-Jangan melakukan kesombongan bila sudah maju
-Memperhatikan tetangga sekitar ,kepada orang miskin atau anak yatim
-Melakukan hubungan baik dengan siapapun
-Selalu mendo’akan pesaing usaha kita,dengan cara tidak berburuk sangka
-Selalu bersyukur dengan apa yang didapat dan jangan pernah mengeluh dari apa yang didapat
-Yakinkan bahwa Tuhan menjamin semua kebutuhan manusia,sehingga tidak menjadi takabur dalam setiap perbuatan
-Jangan melakukan iri,dengki kepada semua umat

kami meyakini dengan dasar ilmu usaha ini,maka ketenangan jiwa dan hati akan datang kepada diri kita dan Tuhan pasti akan mendatangkan jalan keluar dari semua kesulitan kita.
Semoga bisa bermanfaat atau apabila ada yang mau menambahkan isi dari yang kami berikan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar